Zuliana, Nurma (2019) Penerapan media komik untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Qurban di kelas V. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada mata pelajaran Fiqih di kelas VB MIN Bantargebang Kota Bekasi, yaitu pemahaman beberapa siswa terhadap mata pelajaran Fiqih masih dikategorikan kurang dan mengakibatkan hasil belajar siswa di bawah KKM yaitu 70. Hal ini terjadi karena pembelajaran di kelas masih belum menggunakan media pembelajaran, sehingga saat belajar siswa kurang fokus dalam belajar hal tersebut berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui media komik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Qurban di kelas VB MIN Bantargebang Kota Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil pemahaman siswa sebelum menggunakan media komik, hasil pemahaman siswa saat penerapan media komik, dan hasil pemahaman siswa setelah menggunakan media komik. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media komik, media komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter yang tersususan dalam sebuah cerita. Media komik dapat dijadikan cara untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran, karena dengan komik siswa menjadi lebih tertarik saat belajar sehingga minat belajar siswa menjadi lebih tinggi dan siswa akan lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data utama pada penelitian ini yaitu siswa kelas VB MIN Bantargebang Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes tulis uraian dan juga lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan media komik masih belum memenuhi KKM, tetapi setelah menggunakan media komik hasil pemahaman siswa menjadi meningkat secara signifikan dari setiap siklusnya. Untuk hasil aktivitas guru dan juga aktivitas siswa setelah menggunakan media komik juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa media komik dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Qurban di kelas VB MIN Bantargebang Kota Bekasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman; pembelajaran fiqih; media komik |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurma Zuliana |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24200 |
Actions (login required)
View Item |