Azizy, Muhamad Age Qodri (2019) Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas hafalan Al Quran santri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
Abstract
Al-Quran merupakan kitab suci penyempurna bagi umat muslim, salah satu kewajiban terhadap al-quran adalah membacanya, menghafalnya, dan mentadaburinya. Sebagai umat muslim menghafal al-quran menjadi sebuah kebutuhan karena tanpa adanya penghafal al-quran dunia ini terasa hampa dan sunyi. Fenomena yang terjadi dalam menghafal al-quran di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an bahwasannya santri kurang memperhatikan hafalan nya terutama dalam segi tajwid, fashahah dan kelancaran nya. Dikarenakan menghafal nya dilakukan secara individual, dampaknya yang terjadi hafalan al-quran santri kurang berkualitas. Terlihat dari kejelasan bacaan, panjang dan pendeknya huruf dalam al-quran dan tingkat kelancaran hafalan yang sangat menurun. Maka dari itu penting adanya pembimbing/asatidssz melalui kegiatan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan al-quran santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksaan bimbingan kelompok di yayasan Tahfidz Amanah Qur’an dan mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an. Landasan pemikiran berdasarkan buku bimbingan kelompok dengan buku cara cepat menghafal al-quran dengan pencapaian adanya bimbingan kelompok mampu memberikan suatu perubahan yang meningkat pada kualitas hafalan santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif, karena peneliti berusaha menggambarkan subjek/objek peneliti apa adanya. Penelitian ini menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada Pembina, pembimbing atau asatidz dan santri di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh: Bimbingan kelompok di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an Gedebage bahwa pembimbing memiliki pengetahuan, metodologi dan teknik bimbingan kelompok, metode yang digunakan berupa metode sabaq, sabqi, dan manzil dan teknik bimbingan kelompok di Yayasan Tahfidz Amanah Quran dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran (evaluasi). Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an menunjukkan adanya perubahan yang sangat signifikan terutama dalam kualitas hafalan setiap santri. Hasil ini tidak luput dari diterapkan nya bimbingan kelompok di Yayasan Tahfidz Amanah Qur’an ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; Kualitas Hafalan; Santri |
Subjects: | Relation of The State of Organized Groups Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | age qodri azizy |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24227 |
Actions (login required)
View Item |