Rahayu, Resti Rulian (2019) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Cerdas Nurani Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini, dilatarbelakangi dengan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait dengan keterampilan menulis siswa diantaranya, siswa yang belum bisa membuat karya tulis dengan baik. Permasalahan ini terlihat dari hasil karya tulis siswa seperti, ketika siswa diminta menulis puisi. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Untuk itu, perlu adanya media pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreativ dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterampilan menulis puisi siswa sebelum menggunakan media gambar seri, (2) penggunaan media gambar seri pada Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku, (3) keterampilan menulis puisi siswa sesudah menggunakan media gambar seri. Media gambar seri adalah gambar dengan rangkaian kegiatan atau cerita yang disajikan secara berurutan. Siswa berlatih mendeskripsikan setiap gambar hasil deskripsi dari setiap gambar apabila dirangkai akan menjadi suatu karangan yang utuh. Media ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan unjuk kerja. Objek yang dijadikan penelitian yaitu siswa kelas IV MI Cerdas Nurani Cimahi yang berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan media gambar seriterlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian keterampilan menulis puisi siswa sesudah menggunakan media gambar seri mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 67,79 dengan ketuntasan klasikal 58,06%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 84,21 dengan ketuntasan klasikal 93,55%. Maka dalam hal ini, menunjukkan bahwa penggunaan media gamabar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV MI Cerdas Nurani.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Puisi; Media Gambar Seri; |
Subjects: | Accounting > General Publications of Accounting Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | resti rulian rahayu |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 06:51 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24505 |
Actions (login required)
View Item |