Arianthy, Shenny (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Whole Brain Teaching (WBT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis diperlukan dalam mengkritisi suatu permasalahan berdasarkan sumber pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model kooperatif tipe Whole Brain Teaching (WBT) serta pengaruhnya terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yakni siswa kelas XI IPA sebanyak 69 siswa. Sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes dan angket kuisioner. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Keterlaksanaan aktivitas guru dengan menggunakan model kooperatif tipe WBT termasuk pada kategori sangat baik dengan rata-rata 90,7% dan aktivitas siswa termasuk kategori baik dengan rata-rata 82,1%. 2) Keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan kategori sedang yakni pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dan kelas kontrol 0,63. 3) Model kooperatif tipe WBT berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai thitung (2,12) > ttabel (1,49) dengan besarnya pengaruh sebesar 0,51 dengan kategori sedang. 4) Respon siswa terhadap model kooperatif tipe WBT menunjukkan kategori tinggi dengan rata-rata nilai sebesar 85,67. Model kooperatif tipe Whole Brain Teaching (WBT) dapat memicu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model kooperatif; Whole Brain Teaching (WBT); Keterampilan berpikir kritis; Sistem reproduksi; |
Subjects: | Education Biology > Biologist |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Shenny Arianthy |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 07:44 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24546 |
Actions (login required)
View Item |