Islami, Nining (2019) Inovasi program three in one dalam pelayanan administrasi kependudukan pemerintahan kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi dalam pelayanan yang dijalankan Pemerintahan Kota Cimahi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui program Three In One. Karena pentingnya kelengkapan dokumen bagi penduduk Indonesia untuk mengakses pelayanan publik maka dari itu pemerintah selaku penyedia pelayanan harus bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakatnya. Administrasi Kependudukan yang dimaksud menyangkut seluruh masalah kependudukan, yang meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan data informasi kependudukan. Teori inovasi diambil dari Rogers (dalam Mirnasari, 2013:6) yang meliputi keuntungan, kesesuaian, kerumitan program, kemungkinan di coba, dan kemudahan utuk diamati. suatu inovasi yang baru memberikan perubahan baik itu pembangunan ataupun perbaikan pelayanan yang bersifat untuk masa depan. Dengan menggunakan metode deskriptif dimana peneliti melakukan survei untuk menemukan informasi dengan cara interview dan pengamatan yang dilakukan dilapangan untuk mengumpulkan data sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program Three In One adalah program dimana ketika masyarakat mengurus satu dokumen dapat menyelesaikan tiga dokumen sekaligus sehingga program ini menguntungkan, menghilangkan kesulitan serta memiliiki kemudahan. Dalam berjalannya program ini tentunya ada faktor pendukung dan faktor penghabat. Faktor pedungkung yaitu, kerja sama dari masyarakatnya sendiri, Sumber Daya Manausia (SDM), Jaringan yang baik, dan belangko yang tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu apabila jaringan buruk maka koneksi ke server akan terhambat dan pengerjaan dokumen akan sulit di lakukan begitupun jika belangko E-KTP habis maka pencetakan E-KTP tidak bisa dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi; Pelayanan; Penduduk; Administrasi; Program; |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Indonesia Accounting > Public Accounting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Nining Islami |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 01:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24655 |
Actions (login required)
View Item |