Kholbi, Lulu (2019) Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera: Penelitian pada kelas XI IPA SMAN 1 Batujajar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan yang masih terjadi selama proses pembelajaran di kelas. Keaktifan siswa dan interaksi antara guru dengan siswa selama pembelajaran berlangsung masih kurang sehingga dapat berpengaruh pada motivasi belajar dan berdampak kepada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran sistem indera dengan menggunakan model ARCS, (2) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera dengan dan tanpa model ARCS, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera, dan (4) mengetahui respon siswa pada pembelajaran sistem indera dengan menggunakan model pembelajaran ARCS. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Prosedur yang dilakukan dengan pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran, pemberian posttets, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket respon serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-Gain. Data diperoleh dari 15 soal pilihan ganda pretest dan posttest. Hasil penelitian pada kelas yang menggunakan model ARCS memiliki kriteria sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,62 sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model ARCS memiliki kriteria sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,52. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2,26 dan ttabel = 2,00 pada taraf siginifikansi 5%. Maka thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa Model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) berpengaruh positif tehadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ARCS; Peningkatan Hasil Belajar; Sistem Indera; |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Agriculture Adult Education > Adult Education in Indonesia Afro-Asia Languages > Hieroglyphics Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lulu Kholbi |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 07:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24699 |
Actions (login required)
View Item |