Aulia, Dea (2019) Penggunaan metode kisah dalam meningkatkan religiusitas siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mengenai rendahnya tingkat religiusitas siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta hal itu ditunjukan dengan masih ada siswa yang belum dapat melaksanakan ibadah sehari-hari dengan benar, baik wudhu, shalat, membaca Al-Qur’an ataupun puasa. Selain itu juga masih ada siswa yang kurang memiliki akhlak mulia, misalnya senang membolos dan berbohong kepada guru. Ini menunjukkan keburukan akhlak sebagian siswa yang masih perlu diperbaiki. Akhlak siswa juga merupakan salah satu dimensi religiusitas siswa Adapun tujuan penelitian ini adalah. Untuk mengetahui religiusitas siswa dalam pembelajaran PAI sebelum menggunakan metode kisah di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta, Untuk mengetahui penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta, Untuk mengetahui religiusitas siswa dalam pembelajaran PAI sesudah menggunakan metode kisah di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta Untuk mengetahui religiusitas siswa dalam pembelajaran PAI sesudah menggunakan metode kisah di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta Metode pembelajaran merupakan hal yang paling penting didalam kegiatan belajar mengajar, karena metode pembelajaran sangat mempengaruhi hasil yang telah diharapkan sebelumnya. Dari asumsi di atas dapat ditarik hipotesis pada penelitian ini adalah : Pembelajaran PAI melalui metode kisah dapat meningkatkan religiusitas siswa Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dan didalam setiap siklus ada 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan yang terakhir adalan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kela VIII B SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi Berdasarkan hasil pengolahan data tentang penerapan metode kisah dalam meningkatkan religiusitas siswa kelas VIII B SMP Negri Satu Atap 1 Jayakerta, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kisah dalam pembelajaran pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan religiusitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan hasil angket yang telah diisi oleh siswa dan hasil tersebut menunjukan religiusitas siswa meningkat dari dari 44% pada siklus I ke pada siklus II 77%, dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kisah dapat diterim oleh siswa dan berdampak positif terhadap religiusitas siswa kelas VIII B SMP Negri Satu Atap 1 Jayakerta
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | religiusitas; pembelajaran PAI ;di SMP Negeri Satu Atap 1 Jayakerta; |
Subjects: | Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Adventure, Collected Accounts of Events |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dea Aulia Ramadanti |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 03:13 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24954 |
Actions (login required)
View Item |