Nuriyatuzzahroh, Nuriyatuzzahroh (2019) Model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa : Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI IPA 1 di SMAN Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
2_Daftarisi.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_Bab1.pdf Download (685kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
5_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
6_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
7_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari berpikir kritis siswa yang masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dan respon siswa ketika sesudah belajar menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving). Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one grup pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) terlaksana dengan baik yang memiliki rata-rata 96% untuk keterlaksanaan guru dan siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari hasil pretest dan posttest. Hasil uji t berpasangan (paired) menunjukkan bahwa nilai yang didapatkan t hitung (4,96) dan nilai t tabel (2,04) yang dimana t hitung > dari t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAPPS. Dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAPPS dengan nilai rata-rata 78,19%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning; TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving); Berpikir Kritis; Sistem Imun |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Diseases > Diseases of Immune System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | nuri yatuzzahroh abdillah |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 03:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25670 |
Actions (login required)
View Item |