Nurhalizah, teti (2019) Metode bimbingan rohani petuah (Pesantren Sabtu Ahad): Studi di MA Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFRAT PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan beragama pada seseorang umumnya disadari pada masa-masa usia dewasa, atau bisa dikatakan usia tua, berkisar lima puluh tahun ke atas, namun bagaimana apabila ternyata itu hanyalah fiktif belaka, kesadaran beragama muncul karena teguhnya hati seseorang pada sang pencipta apalagi pada usia remaja. Usia remaja pada umumnya disebut masa pencarian jati diri, sangatlah butuh akan bimbingan rohani keagamaan seperti contohnya kegiataan keagamaan petuah ini, untuk memberikan keteguhan hati dan keyakinan tinggi pada Allah semata, sehingga sedikit pengaruh negatif dalam lingkungannya dapat dihindari dan dipandang sebagai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan gambaran suatu kegiatan bimbingan rohani di suatu sekolah yang dapat berefek dalam menumbuhkan kesadaran beragama pada santri (siswa). Metode penilitian yang penulis gunakan dalam menggali data yaitu menggunakan metode dekskriptif kualitatif. Metode ini menggambarkan keadaan lapangan penelitian baik dari segi kegiatan, metode yang digunakan maupun efek yang dirasakan santri (objek peneliti) setelah mengikuti kegiatan petuah ini. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, kegiatan bimbingan rohani petuah memiliki berbagai metode dalam penerapan keagamaan bimbingan rohani seperti Shalat Magrib Berjamaah, Dzikir, Sambutan Dan Pengarahan Kepala Sekolah, Shalat Isya Berjamaah, Pembacaan Asmaul Husna, Sholawat, Tahfid, Mengaji Bersama, Tajwid, Diskusi Keagamaan, Tahajud, Shalat Subuh Berjamaah, Bersih-Bersih, Meminta Tandatangan Pembimbing Petuah, dan dengan metode tersebut terlihat berbagai efek samping yang turut dirasakan santri dan pembimbing yaitu dimana santri dan pembimbing merasa kelelahan setelah melaksanakan kegiatan tersebut karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan rohani petuah dapat berefek positif bagi siswa dalam menunjang pendidikannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; Rohani; Kesadaran Beragama; Petuah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | teti T-zah nurhalizah |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 03:37 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25946 |
Actions (login required)
View Item |