Nurzaman, Resy Fauziah Ratna (2019) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial pada Materi Alat Optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu jenis keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting dimiliki peserta didik untuk mendukung keterampilan abad 21. Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah, dikarenakan jarang menggunakan media yang menyisipkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial, 2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial, dan 3) respon peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 5,25 dan 2,045 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis tutorial ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain rata-rata berkategori sedang, serta 3) terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Tutorial; Lembar Kerja Peserta Didik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Secondary Education > Upper Level Secondary School Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Resy Fauziah |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25996 |
Actions (login required)
View Item |