Dalila, Azmy Almas (2019) Penerapan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik: Penelitian pre experimental di kelas XI MIA SMA Karya Budi Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik di abad 21. Hasil observasi di SMA Karya Budi Bandung menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis pada materi alat optik masih tergolong rendah. Salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis tersebut yaitu model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang yang dipilih dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuannya tergolong dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-gain sebesar 0,71 yang berkategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung (37,31) > ttabel (2,042) yang secara signifikan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Problem Based-Hybrid Learning; Alat Optik; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Azmy Almas Dalila |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 06:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26232 |
Actions (login required)
View Item |