Zannah, Nurul (2019) Penerapan model pembelajaran Conceptual Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran fisika masih dianggap sulit karena peserta didik hanya menerima pembelajaran berupa kumpulan pengetahuan fakta dan matematis saja. Peserta didik terbiasa menyelesaikan soal fisika dengan mencocokkan persamaan fisika dengan variabel-variabel yang diketahui. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran CPS pada materi usaha dan energi di kelas eksperimen 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CPS pada materi usaha dan energi dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan 3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CPS dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitiannya menggunakan quasi experiment dengan desain static group pretest-postest pada peserta didik kelas X MIPA 6 dan X MIPA 5 SMAN 27 Bandung. Hasil penelitian: 1) keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol diketagorikan sangat baik untuk aktivitas guru sedangkan untuk aktivitas peserta didik dikategorikan baik, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas eksperimen dikategorikan tinggi dan kelas kontrol dikategorikan sedang, dan 3) berdasarkan uji t pada data pretes tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol, sedangkan data postes terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | usaha; energi; kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran; Conceptual Problem Solving; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurul Zannah |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 07:40 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 07:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26234 |
Actions (login required)
View Item |