Umar, Fini Alfionita (2019) Penggunaan Aplikasi Tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains pada materi Hukum Newton. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran yang berbasis komputer dan gadget semakin berkembang dan beragam. Penggunaan komputer (personal computer) untuk peningkatan proses dan hasil pembelajaran dalam bidang fisika dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi tracker video analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan generik sains peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker pada materi hukum Newton. Metode yang digunakan yaitu metode pre experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Karya Budi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan keterampilan generik sains peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton termasuk dalam kategori sedang, (2) peserta didik merespon positif pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton. Hal ini ditandai dengan sebesar 54,4% rata-rata peserta didik menjawab setuju pada setiap pernyataan yang ada pada angket.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tracker; Keterampilan Generik Sains; Hukum Newton |
Subjects: | Education Classical Mechanics, Solid Mechanics > Solid Dinamics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fini Alfionita Umar |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 04:07 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26347 |
Actions (login required)
View Item |