Nuraeni, Winy (2019) Metode pembinaan akhlak bagi perkembangan spritualitas anak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 .pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
Abstract
Spiritualitas dan akhlak saling berkaitan satu sama lain. Akhlak termanifestasi dalam perilaku dan perbuatan, Spritualitas merupakan bentuk kepribadian seseorang yang bersifat kerohaniahan. sementara akhlak merupakan penyempurna dari rangkaian kegiatan spritualitas dalam bentuk mahmudah maupun madzmumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembinaan akhlak bagi perkembangan spritualitas anak di madrasah Al-Hasan. Metode ini dilakukan sebagai sarana untuk mengetahui pembinaan perkembangan spiritualitas akhlak anak di Madrasah dan di rumah dan untuk mengetahui faktor yang menjadi tolak ukur dapat berkembangnya akhlak anak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam metode kualitatif pembinaan akhlak bagi perkembangan spritualitas anak di madrasah adalah fenomenologi, teknik pengumpulan data yang di perlukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dalam upaya menyempurnakan tiga teknik pengumpulan data tersebut, peneliti menggunakan metode tringulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perkembangan spritualitas anak di rumah dan di madrasah memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini terjadi karena madrasah memiliki peraturan disiplin yang sangat ketat. Sementara di rumah sebaliknya orang tua cenderung memanjakan anaknya. Selain itu orang tua merasa bahwa perkembangan akhlak menjadikan tanggung jawab madrasah sepenuhnya. Penelitian ini juga menunjukan bahwa lingkungan sekitar kesulitan untuk mendidik anak. Jadi dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan perkembangan akhlak, karena hasil yang menunjukan bahwa lingkungan madrasah lebih berpengaruh dibandingkan dengan lingkungan rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sprituapitas; akhlak; anak; |
Subjects: | Islam > Sufi Orders |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | winy nuraeni |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 08:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 08:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26360 |
Actions (login required)
View Item |