anggreani, sefty (2019) Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pai materi kejujuran : Penelitian tindakan kelas di kelas x ap SMK YASRI BANDUNG. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang terjadi dikelas salah satunya adalah dalam proses pembelajaran. Selama pembelajaran berlangsung di kelas yang dilakukan oleh guru dalam mengajar masih terdapat sistem pembelajaran yang bersifat teoritis. Sebagian besar siswa belum dapat menangkap makna dari apa yang mereka peroleh dari pembelajaran untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa pada umumnya siswa tidak dapat menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan cara pemanfaatan pengetahuan tersebut di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui prestasi Belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Materi Kejujuran sebelum menggunakan pendekatan CTL (2) mengetahui proses pembelajaran PAI dikelas dengan menggunakan pendekatan CTL pada setiap siklus (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi kejujuran dikelas sesudah menggunakan pendekatan CTL pada setiap siklus. Tekhnik pengumpulan data dalam pelaksanaan peneliti yaitu sebagai berikut: (1) Observasi merupakan teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan pada objek penelitian. Pada penelitian ini melibatkan 2 observer, antara lain guru dan peneliti. (2) Tes merupakan serangkaian pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.(3) wawancara penelitian ini menggunakan jenis wawancara bebas terpimpin yaitu saat mewawancara hanya berpedoman pada garis besar tentang hal-hal yang akan ditanyakan. (4) Dokumentasi merupakan metode untuk memperoleh data melalui penelitian terhadap benda-benda atau hal-hal yang tertulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Penelitian dimulai dengan melakukan tes Pra Siklus di dalam kelas X AP SMK Yasri, setelah tes ini dilakukan peserta didik memeroleh nilai rata-rata sebanyak 61,5 nilai ini dikategorikan dengan prestasi belajar yang rendah. Karena Dari hasil Pra Siklus tersebut dikategorikan rendah maka dilakukanlah Siklus 1 untuk melihat peningkatan prestasi belajar peserta didik pada proses penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil dari Siklus 1 menjadi 73,61 yaitu kategori prestasi belajar cukup. Dan untuk Siklus II diperoleh rata-rata kelas 86,42 kategori tinggi. Berdasakan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar PAI setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL);Learning of Islamic religious education;learning achievement. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sefty Anggraeni |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 07:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26523 |
Actions (login required)
View Item |