Fitriani, Mega (2019) Pengaruh model pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran POGIL diterapkan agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi esperimen. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis siswa dan angket. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model POGIL berjalan sangat baik, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran tanpa model POGIL adalah baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,54 dengan kategori sedang, pada kelas kontrol sebesar 0,22 dengan kategori rendah. Hasil uji t menunjukan pembelajaran dengan model POGIL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model POGIL memiliki nilai rata-rata 3,86% dengan kategori tinggi, sedangkan respon siswa tanpa menggunakan model POGIL memiliki nilai rata-rata 3,5% dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; POGIL; Kemampuan Berpikir Kritis; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mega Fitriani |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 02:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26547 |
Actions (login required)
View Item |