Rohmat, Siti (2019) Penerapan hukum perjanjian Syariah pada koperasi Syariah Amanah Umat Muttaqien (212 Mart Purwakarta). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Koperasi pada awalnya berkembang di erofa yang menganut paham kapitalis dan sosialis, oleh sebab itu koperasi Di Indonesia yang mayoritas muslim yang dilakukan penyesuaian agar sesuai dengan prinsip syariah. Koperasi menekankan kemakmuran anggota dengan islam memperkuat memakmuran umat dan bumi serta segala isinya. Konsep ini menambah daya tarik koperasi berlandaskan islam. Selain yang harus sesuai dengan syariat Islam Koperasi juga harus bisa mengakomodir kebutuhan dan kewajiban anggota sebagai hamba Allah yang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya termasuk hartanya. Seorang muslim harus mengetahui perihal harta yang dimilikinya atau harta yang di Investasikan di dalam koperasi. Mekanisme perjanjian koperasi harus mengakomodir kewajiban anggota (sebagai manusia) dalam investasi harta, serta harus bermanfaat bagi umat. Tujuan dari penelitian tersebut Untuk Mengetahui Bagaimana Perjanjian Syariah di Koperasi Syariah Amanah Umat Muttaqien Purwakarta (212 mart purwakarta), serta dampak dan kontribusinya terhadap anggota. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif yaitu dengan menghimpun data aktual dengan melakukan observasi secara langsung, dengan mengumpulkan data dan melakukan analisis, kemudian menarik kesimpulan dari hasil observasi dan analisis tersebut. Sedangkan deskriptif dilakukan dengan cara memaparkan data dengan apa adanya sesuai dengan yang terjadi dilapangan. Kerangka berpikir penelitian ini berpijak bahwa manusia sebagai hamba Allah harus menjalankan kewajibannya, termasuk dalam muamalah. koperasi sebagai tempat investasi harta adalah termasuk muamalah, syarat dan rukun akad koperasi melalui perjanjian keanggotaan. Hasil penelitian mengenai perjanjian syariah koperasi 212 serta dampak juga kontribusinya terhadap perekonomian umat, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:Perjanjian syarah 212 sebagaimana tertuang dalam anggaran dasar dan rumah tangga koperasi. Perjanjian ini dalam bentuk simpanan pokok dan wajib dengan akad syirkah musahamah. Akad lainnya yaitu simpanan sukarela yaitu dengan akad mudharabah mutalaqoh. Selain akad adanya juga syarat dan rukun akad yaitu aqid, maqud alaih, dan shighat. Ketiga syarat dan rukun akad ini sudah dipenuhi oleh koperasi 212 yaitu secara aqid dalam AD/ART, Dampak koperasi 212 secara lahiriyah dan batiniah dijelaskan melalui prinsip-prinsip islam dengan menitik beratkan pada kewajiban seorang muslim dalam menjalankan syariat islam yaitu mengelola hartanya dijalan yang benar, dan Kontribusi koperasi 212 dalam perkonomian umat sangat baik, ini ditandai dengan program-program koperasi yang melibatkan anggota dan UMKM untuk bekerja sama dengan koperasi. ENGLISH Cooperative initially developed in Europe that adheres to capitalist and socialist understandings, therefore cooperatives in Indonesia, which are predominantly Muslim, are adjusted to conform to sharia principles. Cooperatives emphasize the prosperity of members with Islam strengthen the prosperity of the people and the earth and all its contents. This concept adds to the appeal of cooperatives based on Islam. In addition to being compliant with Islamic Law, Cooperatives must also be able to accommodate the needs and obligations of members as servants of god who must be responsible for all their actions, including their assets. A muslim must know about the assets he owns or assets invested in cooperatives. The cooperative agreement mechanism must accommodate the obligations of members (as human beings) in investment in property, and must benefit the people. The purpose of the research is to find out how sharia agreements in Muttaqien purwakarta Syariah Amanah Cooperative (212 Mart Purwakarta), and their impact and contribution to members. The research method used by the author in this research is descriptive qualitative method. The qualitative method is to collect actual data by making direct observations, by collecting data and analyzing, then drawing conclusions from the result of these observations and analyzes. While descriptive is done by describing the data as it is in accordance with what happened in the field. The frame work of this research thinks that humans as servants of god must carry out their obligations, including in muamalah. Cooperative as palces for investment in assets include muamalah, terms and conditions of cooperative agreements through membership agreements. The results of research on the Islamic cooperative agreement 212 and the impact of this contribution to the economy of ummah, the authors can draw the following conclusions : the 212 syari’ah agreement as stated in the articles of association and cooperative household. This agreement is in the form of principal savings and is obligatory with the mirkamah syirkah agreement. The other contract is voluntary savings, namely the mudharabah mutalaqoh agreement. In addition to the contract there are also terms and conditions of agreement namely aqid, maqud alaih, and shighat. These three terms and conditions of agreement have been fulfilled by cooperative 212 namely aqid in the AD/RT, the impact of the 212 cooperative outwardly and inwardly is explained through Islamic principles by focusing on the obligations of a muslim in carrying out Islamic law, namely managing his assets on the right path, and the contribution of cooperatives 212 in the community economy is very good, this is marked by cooperative programs that involve members and MSMEs to work with cooperatives. ARABIC سيتي رحمت: تَطْبِيْقُ قَوَانِيْنِ الشَّرِيْعَةِ اْلإِسْلَامِيَّةِ فِيْ التَّعَاوُنِيَاتِ الشَّرِيْعَةِ أَمَانَةُ أُمَّةْ مُتَّقِيْنَ (۲۱۲ مارت بورواكارتا) اَلتَّعَاوُنِيَاتُ الَّتِيْ تَمَّ تَطْوِيْرُهَا فِي اْلبِدَايَةِ فِيْ أَوْرُوْبَا وَالَّتِيْ تَلْتَزِمُ بِالْمَفَاهِيْمِ الرَّأْسِمَالِيَّةِ وِاْلإِشْتِرَاكِيَّةِ ، وَباِلتَّالِيْ يَتِمُّ تَعْدِيْلُ التَّعَاوُنِيَاتِ فِيْ إِنْدُوْنِيْسِيَا اَلَّتِيْ تَقْطَنُهَا أَغْلَبِيَّةٌ مُسْلِمَةٌ لِتَتَوَافُقِ مَعَ مَبَادِئِ الشَّرِيْعَةِ. تُؤْكِدُ التَّعَاوُنِيَاتُ عَلَى اِزْدِهَارِ اْلأَعْضَاءِ مَعَ الإِسْلَامِ تَقْوِيَّةٌ رَخَاءِ الشَّعْبِ وَاْلأَرْضِ وَجَمِيْعِ مَحْتُوِيَاتِهِ. هَذَا الْمَفْهُوْمُ يُضِيْفُ إِلَى جَاذِبِيَّةِ التَّعَاوُنِيَاتِ اْلقَائِمَةِ عَلَى اْلإِسْلَامِ . بِالْإِضَافَةِ إِلَى أُولَئِكَ الَّذِيْنَ يَجِبُ أَنْ يَكُوْنُوْا مَتَّفِقِيْنَ مَعَ الشَّرِيْعَةِ اْلإِسْلَامِيَةِ ، يَجِبُ أَنْ تَكُوْنَ الْجَمْعِيَّةُ التَّعَاوُنِيَةُ قَادِرَةٌ عَلَى تَلْبِيَّةِ اِحْتِيَاجاَتٍ وَاِلْتِزَامَاتِ الْأَعْضَاءِ كَخَادِمِيْنَ لله الَّذِيْنَ يَجِبُ أَنْ يَكُوْنُوْا مَسْؤُوْلِيْنَ عَنْ جَمِيْعِ أَفْعَالِهِ وَأَمْوَالِهِ . يَجِبُ عَلَى الْمُسْلِمِ أَنْ يَعْرِفَ الأَمْوَالَ الَّتِيْ يَمْلِكُهَا وَمَا يَسْتَثْمِرُ بِهَا فِي التَّعاَوُنِيَاتِ. يَجِبُ أَنْ تَسْتَوْعَبَ آلِيَّةُ اْلإِتِّفَاقُ التَّعَاوُنِيُّ اِلْتِزَامَاتِ اْلأَعْضَاءِ (كَبَشَرٍ) فِي اْلإِسْتِثْمَارِ فِي الْمُمْتَلِكَاتِ ، وَيَجِبُ أَنْ تَعُوْدُ بِالنَّفْعِ عَلَى النَّاسِ. كَانَ اْلغَرْضُ مِنْ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ هُوَ مَعْرِفَةُ كَيْفِيَّةَ اْلإِتِّفَاقَاتِ الشَّرْعِيَّةِ فِيْ التَّعَاوُنِيَاتِ الشَّرِيْعَةِ أَمَانَةُ أُمَّةْ مُتَّقِيْنَ (۲۱۲ مارت بورواكارتا) ، وَكَذَلِكَ تَأْثِيْرُهَا وَمُسَاهَمَتُهَا فِي اْلأَعْضَاءِ. طَرِيْقَةُ اْلبَحْثِ الْمُسْتَخْدَمَةِ مِنْ قِبَلِ الْكَاتِبِ فِي هَذَا اْلبَحْثِ هِيِ الطَّرِيْقَةُ النَّوْعِيَّةُ اْلوَصْفِيَّةُ. تَتَمَثَّلُ الطَّرِيْقَةُ النَّوْعِيَّةُ فِي جَمْعِ اْلبَيَانَاتِ اْلفِعْلِيَّةِ عَنْ طَرِيْقِ إِجْرَاءٍ مَلَاحَظَاتٍ مُبَاشَرَةٍ ، عَنْ طَرِيْقٍ جَمْعِ اْلبَيَانَاتِ وَتَحْلِيْلِهَا ، ثُمَّ اسْتِخْلَاصُ النَّتَائِجِ مِنْ نَتَائِجِ هَذِهِ الْمَلاَحَظَاتِ وَالتَّحْلِيْلَاتِ. بَيْنَمَا اْلوَصْفُ يَكُوْنُ عَنْ طَرِيْقِ وَصْفُ اْلبَيَانَاتِ كَمَا حدث في الحقل أَوِ الْمَيْدَانِ. يَتَمَثَّلُ إِطَارُ الأَفْكَارِ مِنْ هَذَا اْلبَحْثِ أسِّسَ عَلَ أَنَّ اْلبَشَرَ هُوَ عَبْدُ الله الَّذِيْ يَجِبُ عَلَيْهِ اِلْتِزَامُ وَاجِبَاتِهِ ، بِمَا فِي ذَلِكَ فِي الْمُعَامَلَةِ تَشْمَلُ التَّعَاوُنِيَاتُ كَأَمَاكِنِ لِلإِسْتِثْمَارِ فِي اْلأُصُوْلِ ، شُرُوْطٌ وَأَحْكَامٌ اِتِّفَاقِيَاتُ التَّعَاوُنِ مِنْ خِلاَلِ اِتِّفَاقِيَاتَ اْلعَضْوِيَةِ. نَتَائِجُ اْلبُحُوْثِ حَوْلَ اِتِّفَاقُ التَّعَاوُنِ الشَّرْعِيَةِ ۲۱۲ وَتَأْثِيْرُ مُسَاهَمَتِهِ فِي اِقْتِصَادِ اْلأُمَّةِ ، يُمْكِنُ لِلْمُؤَلِّفِيْنِ اِسْتِخْلَاصُ النَّتَائِجَ التَّالِيَةَ: اِتِّفَاقِيَةُ الشَّرِيْعَةِ ۲۱۲ عَلَى النَّحْوِ الْمَنْصُوْصِ عَلَيْهِ فِي عَقْدِ التَّأْسِيْسِ وَالْأُسْرَةِ التَّعَاوُنِيَةِ، هَذِهِ اْلاِتِّفَاقِيَةُ فِي شَكْلِ مُدَّخرَاتِ أَسَاسِيَةٍ وَإِلْزَامِيَةٍ مَعَ عَقْدُ شِرْكَةِمُسَاهَمَةِ. اَلْعَقْدُ الآخَرُ هُوَ مُدَّخَرَاتُ طَوْعِيَّةٌ وَهِيَ عَقْدُ الْمُضَارَبَةِ الْمُطْلَقِ. بِاْلإِضَافَةِ إِلَى الْعَقْدِ ، هُنَاكَ أيضًا شُرُوْطٌ وَأَحْكَامُ اْلاِتِّفَاقِ وَهِيَ اَلْعَقْدُ, مُعَقِّدٌعلَيْهِ،وَصِيْغَةٌ، هَذِهِ الشُّرُوْطُ الثَّلاَثةِ وَشُرُوْطُ اْلإِتِّفَاقِ قَدْ اِسْتَوْفِيَتْ بِاْلفِعْلِ مِنْ خِلَالِ التَّعَاوِنِيَةُ ۲۱۲ ، وَهِيَ تَحْدِيْدًا فِي AD / ART ، وَتَأْثِيرُ التَّعَاوُنِيُةِ ۲۱۲ ظَاهِرِيًا وَدَاخِلِيًافِى الشَّرْحِ مِنْ خِلَالِ مَبَادِئِ اْلِإسْلَامِ مِنْ خِلاَلِ التَّرْكِيْزِ عَلَى اِلْتِزَامَاتِ الْمُسْلِمِ فِي تَنْفِيْذِ الشَّرِيْعَةِ اْلإِسْلاَمِيَةِ ، وَهِيَ إِدَاَرَةٌ مُمْتَلِكَاتِهِ عَلَى الطَّرِيْقِ الصَّحِيْحِ، وَمُشَاركَةُ التَّعَاوُنِيَاتِ ۲۱۲ فِي اْلإِقْتِصَادِ الْمُجْتَمَعِيْ جَيْدَةٌ لِلْغَايَةِ ، وَتَتَمَيَّزُ هَذِهِ اْلبَرَامِيْجُ بِبَرَامِيْجُ تَعَاوُنِيَةُ تَضُمُّ أَعْضَاءً وَمُؤَسَّسَاتٍ صَغِيْرَةً وَمُتَوَسِّطَةً اَلْحَجْمُ لِلْعَمَلِ مَعَ التَّعَاوُنِيَاتِ.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum Ekonomi Syariah; Akad Koperasi Syariah; |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Financial Institutions |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Siti Rohmat |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 08:48 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 08:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26556 |
Actions (login required)
View Item |