Rosmawati, Yoyoh (2013) Tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian Deskriptif di kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas studi pendahuluan di lapangan dengan jalan observasi secara langsung dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran PAI bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna cukup bagus. Hal ini terlihat sebagian siswa ada yang hafal dan selalu membacakan Asma Al-Husna. Sementara disisi lain motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih rendah, hal ini terlihat dari banyak siswa yang tidak semangat dalam belajar, serta kurang memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung. Dengan demikian hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Hal ini menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui realitas tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna, realitas motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung pada mata pelajaran PAI, dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh pembiasaan membaca Asma Al-Husna. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya di bagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan Product Moment. Dari hasil analisis diperoleh kenyataan bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna (variabel X) diperoleh hasil 4,31, nilai tersebut termasuk kategori sangat tinggi karena berada pada rentang interval 4,20–5,00. Hal ini menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna adalah baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (variabel Y) diperoleh hasil 4,14, nilai tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada rentang interval 3,40–4,19. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI adalah baik. Hubungan variabel X dengan variabel Y termasuk kategori rendah dengan nilai korelasi 0,25. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu t_h(1,59)< t_t(2,025) dengan taraf signifikansi 5%, hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Adapun kadar hubungan variabel X dengan variabel Y yaitu sebesar 6,25%. Hal ini berarti masih terdapat 93,75% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asmaul husna; motivasi; pendidikan agama islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Nama-nama Allah, Asmaul Husna |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 02:32 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
View Item |