As Shidiqi, Noval (2019) Pola komunikasi dakwah MDC: Studi deskriptif pada Muslim Designer Community (MDC) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarisi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah menjadi salah satu kewajiban bagi umat muslim, selain itu banyak cara yang dapat dilakukan dalam menyampaikan pesan dakwah. Seperti yang dilakukan oleh MDC mereka menyampaikan dakwah lewat desain poster, stiker, dll. Muslim Designer Community (MDC) menjadi komunitas yang bergerak dalam bidang desain, akan tetapi memiliki tujuan untuk meyampaikan dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Muslim Designer Community (MDC) Bandung. Penelitian dilakukan terhadap Muslim Designer Community (MDC) di Bandung. Kerangka berfikir dari penelitian ini berfokus pada pola komunikasi yang dilakukan MDC Bandung, yang dimana peneliti mengambil garis besar pembahasan yaitu mengenai pesan, metode dan media dakwah. Dalam hal ini peneliti mengambil teori komunikasi Harold Laswell, karena terori tersebut memiliki hubungan dengan penelitian ini. Langkah yang di ambil oleh peneliti dalam penelitiannya yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan kedapa pihak MDC, kemudian jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pola komunikasi dakwah yang dilakukan Muslim Designer Community (MDC) Bandung yaitu melaksanakan komunikasi dakwah lewat seminar, komunikasi massa lewat media-media seperti Instagram dan Facebook. Sehingga pesan dakwah sesuai dengan ajaran Islam dan dapat di terapkan secara rinci. Selain itu juga komunikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor sugesti dan faktor otoritas. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan oleh Muslim Designer Community (MDC) Bandung mengandung pesan dakwah yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi; Desain; Dakwah |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | kashoes kashoes |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 06:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27078 |
Actions (login required)
View Item |