FATONI, A (2019) pengembangan pendidikan berbasis integrasi dikir dan pikir. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (1. ABSTRAK)
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (2_KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (4_ BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (5_BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (6_BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (7_BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (8_BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA VINAL.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK A.Fatoni NIM 3.215.2.1.034. Pengembangan Pendidikan Berbasis Integrasi Zikir dan Pikir Dalam berbagai ayat Al–Qur’an, banyak sekali dijelaskan bahwa zikir dan pikir selalu berkaitan. Idealnya, pendidikan zikir dan pikir harus menjadi ruh (semangat jiwa) dari sistem pendidikan agar lulusan yang dihasilkan mempunyai keseimbangan antara zikir dan pikir. Pada kenyataannya pendidikan yang terjadi sekarang ini lebih fokus pada pengembangan pengetahuan (nowledge) semata. Adanya dikotomi pengetahuan akan berimplikasi kepada pendidikan, padahal idealnya pendidikan Islam mencakup pendidikan zikir dan pikir. Oleh karena itu integrasi zikir dan pikir merupakan sesuatu yang penting, urgens dan bermanfaat bagi pengembangan pribadi Muslim yang kaffah. Ada pendidikan berkecimpung pada ilmu pengetahuan modern yang jauh dari nilai-nilai agama, dan ada pula pendidikan yang hanya konsen pada pengetahuan agama yang jauh dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan pentingnya konsep zikir dan pikir dalam perspektif Al-Qur’an dengan memberikan kontribusi pemikiran tentang pentingnya konsep integrasi berbasis zikir dan pikir dalam pendidikan Islam, sehingga menjadi dasar pengembangan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Riset Perpustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan menelaah berbagai sumber yang terkait dengan judul penelitian. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yaitu menganalisis kitab-kitab tafsir dan buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti dan memahami isinya. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber primer dan skunder. Setelah terkumpulnya data kemudian dilakukan analisis data setelah itu disimpulkan baik secara deduktif atau induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) integrasi zikir dan pikir dalam perspektif al-Qur’an adalah suatu hal yang sangat fundamental dan tidak bisa dipisahkan karena merupakan suatu pilar dalam kehidupan.(2) Konsep integrasi zikir dan pikir dalam pendidikan Islam dapat menghasilkan manusia yang cerdas, bertanggung jawab, berkualitas dalam satu keilmuan yang dibangun atas dasar ketuhanan. Kesadaran ketuhanan tersebut akan muncul dengan adanya pengetahuan dasar tentang ilmu-ilmu Islam. Oleh sebab itu zikir dan pikir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan seperti dua sisi mata uang yang saling menopang satu sama lain dan secara bersama-sama menjadi sebuah landasan bagi pengembangan ilmu dan teknologi. (3) integrasi zikir dan pikir dalam lembaga pendidikan Islam dapat terwujud apabila menjadikan al-Qur’an sebagai basis utama sumber ilmu dengan melakukan penelitian, pemahaman, dan pendalaman terhadap al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. ABSTRACT A.Fatoni NIM 3.215.2.1.034. The Development of Education Based on The Integration of Zikr and Thinking In various verses in the Qoran, it explains that zikr and thinking are always related. Zikr is always associated with knowledge and its experts. Ideally, zikr and thinking education become the soul (spirit) of the national education system so that the produced graduates are qualified. In reality, education nowadays is only striving with the development of the left brain, parisal, which resulted in the divided personalities. The knowledge dichotomy will eventually effects the education. There exist a modern education that strays from religious values. There is also education that is only concerned with the religious knowledge which focuses on humanity neglecting science and technology. The purpose of study is to find out and analyze the importance of the concept of zikr and thinking of the perspective of the Qur'an by contributing thingking on the importance of the concept of zikr-based integration and thinking in Islamic education, so that it becomes the basis for the development of Islamic education. The approach used in this research is a qualitative approach using the Library Research Method (content research) with the content analysis approach. The research was conducted by examining various sources related to the research topic. The type of data used was literary study by analyzing the commentaries and books that have relevance to the studied problem and understanding its contents. The researcher used two data sources namely primary and secondary sources. After the data was collected, the researcher then analyzed the data which later concluded deductively and inductively. The results of this researsh showed that: (1) the integration of zikr and thingking in the perspective of the Qur'an is a very fundamental and inseparable thing because it is a pillar in life. (2) The concept integration of zikr and thinking in Islamic education can produce intelligent, responsible human beings are qualified in one science that is built on divinity. Such divine awareness will emerge with the existence of basic knowledge about the Islamic sciences. Therefore zikr and thinking are two things that cannot be separated like two sides of a coin that support each other and together become a foundation for the development of science and technology. (3) the integration of zikr and thinking in Islamic education institutions can be realized if making the Qur'an as the main base of knowledge resources by conducting research, understanding, and deepening of the Qur'an about science and technology.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan pendidikan berbasis integrasi; zikir dan pikir |
Subjects: | Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | a fatoni - |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 09:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 09:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27368 |
Actions (login required)
View Item |