Tibi, Hendrawan (2019) Strategi marketing public relations dalam upaya meningkatkan jumlah iklan di Radio Dahlia 101 FM Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena radio sebagai media yang memiliki persaingan ketat dalam aspek periklanan. Radio memerlukan pertumbuhan dan perkembangan untuk tetap eksis didunia komunikasi, agar memenuhi kebutuhan tersebut perlu iklan sehingga radio bisa bersaing dan menjalani kelangsungan hidup. Oleh karena itu, dibutuhkan peran Marketing Public Relations agar upaya meningkatkan iklan dapat tercapai dengan memakai strategi yang terencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pull Strategy, Push Strategy dan Pass Strategy yang diterapkan oleh Marketing Public Relations Radio Dahlia 101.5 FM Bandung dalam upaya meningkatkan iklan. Teori yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan landasan pemikiran dari Marketing Public Relations dan didukung oleh konsep Three Ways Strategy yang diungkapkan oleh Thomas L. Harris (1991). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yakni bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu fenomena mengenai individu dan kelompok tentang keadaan yang sesuai dengan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini dikumpulkan dari data berupa dokumen dan arsip (gambar dan audio) melalui observasi dan wawancara. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang berwujud pernyataan berupa kata-kata. Sumber data yang digunakan adalah data primer; data yang diperoleh secara langsung dari key informan dan data sekunder; data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui perantara media/pihak lain. Hasil dan pembahasan didalam penelitian ini menunjukkan bahwa Marketing Public Relations radio Dahlia memiliki strategi perencanaan melalui program siaran, mendukung manajemen Marketing dan Touch Personal. Marketing Public Relations Radio Dahlia juga menggunakan strategi yang meliputi; Pull Strategy: program Dirrect Communications dan Branding. Push Strategy: program CAFO. Pass Strategy: program evaluasi dalam kegiatan Off Air (eksternal). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Strategi Marketing Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Iklan di Radio Dahlia 101.5 FM Bandung dinyatakan efektif dan berhasil dengan penerapan antar teori secara literatur dan praktis secara fakta dilapangan memiliki keselarasan yang bersinggungan, kemudian iklan di radio Dahlia 101.5 FM Bandung meningkat dalam jangka waktu rata-rata seminggu sekali setiap bulannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Marketing Public Relations; Radio; Iklan; |
Subjects: | Knowledge Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Hendraan Tibi |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:37 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27469 |
Actions (login required)
View Item |