Triandiani, Widi (2019) Pembelajaran matematika dengan strategi Induktif-Deduktif, Abduktif-Deduktif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII MTs. N 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran diantaranya strategi pembelajaran Induktif-Deduktif (ID) dan Abduktif-Deduktif (AD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD, dan konvensional, (2) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ID, AD, dan konvensional, dan (3) Sikap siswa terhadap strategi pembelajaran ID dan AD. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sample menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sample kelas VIII G menggunakan strategi pembelajaraan ID, kelas VIII F menggunakan strategi pembelajaran AD dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD dan konvensional, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD, dan konvensional, dan (3) Sikap siswa positif terhadap model pembelajaran ID dan AD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Induktif-Deduktif; Abduktif-Deduktif; Komunikasi Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Widi Triandiani |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 03:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27579 |
Actions (login required)
View Item |