Maulana F, Tedi (2019) Pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa: Penelitian RnD dan eksperimen pada siswa kelas VIII MTsN 4 Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Bahan Ajar Komik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini melibatkan 62 siswa, 31 kelas eksperimen dan 31 kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian peningkatan aktivitas guru dan siswa pada tiap pertemuan. Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model Pembelajaran Bahan Ajar Komik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Sikap kemandirian belajar siswa terhadap model pembelajaran Bahan Ajar Komik menunjukkan sikap yang positif. Solusi dari hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dapat diminimalisir melalui soal-soal non rutin. Kesimpulan: Pembelajaran Bahan Ajar Komik memfasilitasi proses konstruksi, temuan, interaksi sosial, reflektif sehingga mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahan Ajar Komik; Kemampuan Pemecahan Masalah serta Kemandirian Belajar |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tedi Maulana Firmansyah |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:17 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27606 |
Actions (login required)
View Item |