Anggraeni, Dini (2019) Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry berbasis Pictorial Riddle terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi sistem indera manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep-konsep biologi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, menganalisis keterlaksanaan, dan menguji hipotesis penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi sistem indera manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi RPP 80,67% dan LKPD 82%, (2) rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru di kelas XI MIPA 3 92,1% dan XI MIPA 4 86,8%, sedangkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik di kelas XI MIPA 3 81,5% dan kelas XI MIPA 4 78,95%, (3) hasil analisis nilai pretest dan posttest kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 meningkat pada nilai posttest. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t-paired pada XI MIPA 3 memperoleh nilai thitung (17,89) > ttabel (2,03), sedangkan XI MIPA 4 nilai thitung (16,8) > ttabel (2,02). Kesimpulannya, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi sistem indera manusia sebelum dan sesudah penerapan model guided inquiry berbasis pictorial riddle.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry; Pictorial Riddle; Perencanaan; Pelaksanaan; Kemampuan Pemahaman Konsep |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dini Anggraeni Farida |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 03:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27645 |
Actions (login required)
View Item |