Sundari, Astri (2019) Pengaruh Shalat Duha terhadap kecerdasan emosional remaja: Studi deskriptif siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa masa remaja dinyatakan sebagai masa badai emosional dimana fluktuasi emosi (naik dan turun) lebih sering. Remaja yang belum mampu mengembangkan kecerdasan emosionalnya terjadi karena kurang adanya semangat pada diri remaja, kurangnya dukungan dan dorongan dari lingkungan sekitar. Pola emosi remaja adalah sama dengan pola emosi masa kanak-kanak. Perbedaannya terletak pada rangsangan yang membangkitkan emosi dan derajat, dan khususnya pada pengendalian latihan individu terhadap ungkapan emosi mereka. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dianjurkan. Seperti namanya, dhuha berati pagi. Maka dari itu sholat dhuha ialah sholat yang dikerjakan dipagi hari ketika matahari naik sepenggalahan atau naik satu tombak dari tempat menyembulnya. Sholat dhuha adalah sholatnya yang mempunyai jiwa dermawan, sebab di sela-sela kesibukan dirinya yang tengah merengkuh rezeki, ia dengan ikhlas melaksanakan sholat dhuha untuk menghadap Allah tanpa ada rasa rugi sedikitpun bahwa waktunya telah terbuang untuk menghadap Allah. Apalagi, jika melaksanakan sholat dhuha delapan rakaat, maka termasuk orang yang dermawan dan termasuk golongan orang sangat patuh kepada Allah. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil metode kuantitatif deskriptif. Peneliti melakukan penelitian pada populasi 76 orang siswa kelas VIII yang melaksanakan shalat dhuha. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Untuk dapat menganalisis pengaruh shalat dhuha terhadap kecerdasan emosional remaja, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan Software SPSS 24 (Statistic Program for Social Science). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional remaja kelas VIII di SMP Karya Bhakti dikatakan baik. Sedangkan untuk hasil penelitian tentang pengaruh shalat dhuha terhadap kecerdasan emosional remaja membuktikan bahwa diperoleh Rsquare sebesar 0,588 atinya 58,8% shalat dhuha berpengaruh terhadap kecerdasan emosional remaja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shalat Duha; Kecerdasan Emosional; Remaja; |
Subjects: | Religious Congregations and Orders Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Astri Sundari |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 02:53 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 02:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27729 |
Actions (login required)
View Item |