Wijaya, Indra (2019) Pengaruh kemasan dan promosi terhadap keputusan pembelian Produk Minuman Teh Pucuk Harum: Studi kasus pada Anggota UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yang terdapat pada kemasan dan promosi produk minuman Teh Pucuk Harum yang jumlah pangsa pasarnya cenderung menurun pada tahun 2017. Diduga karena adanya beberapa faktor yang ada pada kemasan dan promosi yang mempengaruhi adanya penurunan dari jumlah konsumen produk minuman Teh Pucuk Harum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kemasan dan promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman Teh Pucuk Harum pada anggota UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Variabel independen yang diteliti yaitu kemasan (X1) dan promosi (X2), variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Peneliti menggunakan teori Kotler dan Amstrong (1999) untuk keputusan pembelian dengan dimensi pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pascca pembelian. Sedangkan variabel kemasan meggunakan teori Iwan Wirya (1999) dengan dimensi daya tarik visual dan daya tarik praktis. Kotler dan Amstrong (2012) dengan dimensi advertising, sales promotion, personal selling, pubic relation, direct marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini denga menggunakan metode deskriptif dan verifikatif yang melibatkan 100 responden pada anggota UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan sampling insidental, yaitu peniliti tidak menentukan siapa yang akan dijadikan responden, tetapi sampel yang diambil adalah dari individu tersebut cocok digunakan sebagai sumber data. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-F dan uji- t, dan untuk menganalisa data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda koefisien determinasi. Adapun perhitungan dalam mengolah data ini dibantu program SPSS versi 25. Dari hasil penelitian ini diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,311 nilai R square, maka hal ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh kemasan dan promosi sebesar 31,1% dapat dinyatakan cukup tinggi sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (uji-t) dan (uji-F), hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kemasan dan promosi dengan F hitung sebesar 3,09. Hal ini berarti F hitung>F tabel (21,936>3,09) maka dapat disimpulkan bahwa kemasan dan promosi secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk minuman Teh Pucuk Harum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemasan; promosi; keputusan pembelian; |
Subjects: | Econmics General Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Indra Wijaya |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27770 |
Actions (login required)
View Item |