Perbandingan pemahaman siswa yang menggunakan model kooperatif tipe the learning cell dengan model kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran PAI : eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Cilingga - Purwakarta

Hanifah, Iqbal Trsena (2017) Perbandingan pemahaman siswa yang menggunakan model kooperatif tipe the learning cell dengan model kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran PAI : eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Cilingga - Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK Tresna.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
6-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, pemahaman siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Cilingga Purwakarta pada mata pelajaran PAI masih sangat rendah, hal ini ditunjukkan dari hasil ulangan harian siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan permasalahan tersebut, disinyalir bahwa proses pembelajaran PAI yang dilakukan masih bersifat pada metode klasikal / ceramah sehingga mayoritas siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, oleh karenanya keterampilan berpikir kreatif siswa kurang tergali yang pada akhirnya pemahaman belajar siswa jauh dari hasil yang diharapkan.Bertolak dari permasalahan tersebut, maka seorang guru untuk melakukan perubahan serta melakukan berbagai variasi dalam melakukan proses pembelajaran agar permasalahan dapat di atasi dengan baik serta terjadi peningkatan dalam pemahaman siswa. Salah satu alternatif untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe The Learning Cell dan tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dan tipe Pair Think Share, serta untuk mengetahui perbandingan pemahaman belajar anatar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Think Share pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap 2 Cilingga Purwakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental, metode Quasi eksperimental adalah metode yang mempunyai kelompok control, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabl-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok eksperimen, yaitu kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang belajar dengan pendekatan kooperatif tipe The Learning Cell sedangkan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang belajar dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian pada pertemuan pertama dan kedua terlihat ada perbedaan pemahaman belajar siswa yang menggunakan pendekatan kooperatif tipe The Learning Call dengan tipe Think Pair Share, hal ini di buktikan dengan hasil analisis data Pretest dan Posttest pada masing-masing kelas. Pada pertemuan pertama hasil Pretest kelas The learning Cell memperoleh rata-rata sebesar 53 sedangkan untuk kelas Think Pair Share memperoleh rata-rata sebesar 49,5. Kemudian untuk rata-rata Posttest kelas The Learning Cell sebesar 74,3 dan rata-rata Posttest kelas Think Pair Share sebesar 62 untuk membandingkan pemahaman siswa di dua kelas tersebut maka dilakukan analisis perbandingan dengan menggunakan perhitungan N-Gain berdasarkan hasil uji perbandingan maka di peroleh rata-rata kelas The learning Cell sebesar 21,3 dan untuk kelas Think Pair Share diperoleh rata 16 berdasarkan uji t maka dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman antara siswa yang belajar dengan pendekakatan koopertaif tipe The Learning Cell dengan tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe the learning cell; Tipe think pair share; Eksperimen;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:19
Last Modified: 09 Dec 2019 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28130

Actions (login required)

View Item View Item