Sapitri, Depi (2019) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis CTL materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan LKS yang kurang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat berdasarkan rendahnya rata-rata nilai ketuntasan belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian bertujuan mendeskripsikan tahapan pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis CTL, menganalisis hasil uji validasi, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis CTL pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development meliputi tahap define, design, develop. Adapun instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan soal kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan lembar kegiatan siswa berbasis CTL yang dikembangkan berdasarkan uji validasi ahli dikategorikan sangat valid dengan nilai rata-rata 85,5%. Kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan LKS berbasis CTL mengalami peningkatan sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Respon siswa setelah penggunaan LKS memperoleh persentase rata-rata sebesar 76,03% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CTL sangat valid sehingga layak untuk digunakan.dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; lembar kegiatan siswa; CTL; berpikir kreatif; |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity Biology > Education, Research, Related Topics of Biology General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Depi Sapitri Fitri |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 06:51 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28371 |
Actions (login required)
View Item |