Zain, Najmina Noor (2019) Pengaruh terapi bermain media Playdough terhadap motorik halus dan kesabaran anak tunagrahita : Studi kasus pada anak tunagrahita di SLB C Silih Asih Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.PDF Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
Adapun sebagian anak dilahirkan dengan keadaan yang berbeda, salah satunya adalah anak retardasi mental atau tunagrahita. Jumlah anak retardasi mental atau anak tunagrahita setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Anak tunagrahita merupakan anak yang termasuk golongan yang memiliki kelainan mental dan mengalami gangguan pada tingkat kecerdasan yang berada di bawah rata-rata anak normal lainnnya. Bermain media playdough berfungsi sebagai media melatih motorik anak dan mampu meningkatkan konsentrasi, dalam proses belajar mengajar anak dapat meningkatkan konsentrasi sehingga dalam melakukan gerakan dalam bermain anak merasa senang. Anak tungrahita merupakan anak yang termasuk golongan yang memiliki kelainan mental dan mengalami gangguan pada tingkat kecerdasan yang berada di bawah rata-rata anak normal lainnnya. Motorik halus adalah kemampuan fisik yang melibatkan otot-otot kecil beserta koordinasi mata dan tangannya. sabar adalah cara mengendalikan diri dalam menghadapi kesusahan dengan ridha dan tidak menyerah dan selalu merasa tenang, tekun,teliti dan tawakal hal ini sangat di perlukan untuk anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini memakai subjek tunggal Eksperimen atau dengan istilah lain Single Subject Research (SSR). Subyek Penelitian merupakan anak tunagrahita kelas 1, yakni Populasi penelitian ini terdiri dari 4 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode test performance atau perbuatan dan angket dengan menggunakan tabel skala likert. Berdasarkan hasil dari perhitungan nilai spss sebesar 0,591>0.05, maka dapat di simpulkan bahwa tidak terdapat Pengaruh terapi bermain media playdough terhadap motorik halus dan kesabaran pada anak tunagrahita yang signifikan antara hasil pada data pretest dan posttest kelas I di SLB C Silih Asih Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Media Playdough; Motorik halus; Sabar;Tunagrahita; |
Subjects: | Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | najmina noor zain |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 07:03 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 07:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28892 |
Actions (login required)
View Item |