Noorhidayah, Eva Fazriani (2019) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
6.Abstrak Indo.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
9.Daftar Isi.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
Abstract
penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu model yang didalamnya terdapat tahapan yang mengarah kepada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan dengan dan tanpa menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI), peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI), pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI). Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel yaitu kelas VII D merupakan kelas yang menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas VII A merupakan kelas yang menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata pretest 53,87 postest 82,81 dan Gain 29,71. Kelas yang menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai pretest 49,40 postest 77,03. Uji hipotesis penelitian ini diperoleh thitung = 2,09 > ttabel = 1,99 dengan α = 0,05 (5%) maka H0 ditolak Ha diterima. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII D pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization (TAI); Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan; High Order Thinking (HOTS); |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Eva Fazriani Noorhidayah |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 07:17 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 07:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29108 |
Actions (login required)
View Item |