Yulia Fauziah, Yulia (1210205102) (2014) Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat terhadap Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 27 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangatlah penting dalam penyelesaian masalah matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk menarik minat siswa maka diterapkan pembelajaran matematika berbasis multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences, untuk mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini menelaah: (a) proses pembelajaran matematika berbasis Multiple Intellegences; (b) kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap siklus; (c) kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap siklus; (d) kemampuan berpikir kritis siswa setelah seluruh siklus; (e) kemampuan berpikir kreatif siswa setelah seluruh siklus dan (f) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis Multiple Intellegences. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-H SMP Negeri 27 Bandung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi yang meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa; tes setiap siklus, dan tes akhir seluruh siklus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa; serta angket skala Likert untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis Multiple Intellegences dengan teknik pengskoran apriori. Hasil penelitian ini adalah: (a) proses pembelajaran dilaksanakan guru dengan berpedoman pada komponen-komponen pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik; (b) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika setiap siswa pada siklus I adalah dikategorikan tinggi, siklus II tinggi, siklus III sangat tinggi, dan siklus IV dikategorikan sangat tinggi. (c) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika setiap siswa pada siklus I adalah dikategorikan cukup, siklus II tinggi, siklus III tinggi, dan siklus IV dikategorikan tinggi. (d) kemampuan berpikir kritis matematika siswa setelah pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori tinggi; (e) kemampuan berpikir kreatif matematika siswa setelah pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori tinggi (f) sikap setiap siswa menunjukkan respon positif, yang artinya siswa merasa senang dan termotivasi dengan pembelajaran yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligences,pendidikan matematika,smpn 27 bandung. |
Subjects: | Secondary Education > Lower Level Secondary School Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 01:59 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2947 |
Actions (login required)
View Item |