Meliani, Riska (2019) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan berkomunikasi tulisan siswa pada materi sistem pernapasan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan dalam mengekspresikan yang berupa membaca gambar, membuat grafik, membuat tabel, membaca tabel dan membuat uraian. Berdasarkan observasi di lapangan, kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan siswa 40%, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Agar hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat, maka digunakan metode pembelajaran SQ3R. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunakan metode SQ3R terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent Pretest-Desain Grup Kontrol Postest. Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,68 dan nilai posttest sebesar 50,95 dengan Ngain kelas kontrol sebesar 0,18 dengan kategori rendah. Sedangkan nilai pretest kelas eksperimen sebesar 32,05 dan nilai posttest sebesar 72,1 dengan nilai NGain 0,40 dengan kategori sedang. Hasil uji t NGain menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu thitung (5,26) > ttabel (2,02) dengan taraf signifikan 5%, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SQ3R berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa pada materi sistem pernapasan manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | survey; question;read;recite;review;(SQ3R);Komunikasi; tulisan; Sistem Pernapasan; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Riska Meliani |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 07:54 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 07:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29594 |
Actions (login required)
View Item |