Ramdayani, Suci (2019) Pengaruh metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak manusia: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Syariful Anwar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di sekolah tidak dapat lepas dari peran guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, nilai siswa yang dibawah rata-rata dan keterampilan berfikir kritis siswa belum pernah diukur sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh metode pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Syariful Anwar Cianjur yakni kelas VIII-4 kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran PQ4R memperoleh rata-rata sebesar 92,4% untuk guru dan 85% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata pretes 36,53, dan N-Gain 0,70 untuk eksperimen dan kelas kontrol 34,53 dan N-gain 0,39. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran PQ4R memiliki nilai rata-rata 4,00 dengan kategori timggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran (PQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan thitung 6,20 >ttabel 1,99.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R); Keterampilan Berpikir Kritis; Sistem Gerak Manusia; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Suci Ramdayani |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 06:41 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29603 |
Actions (login required)
View Item |