Agustina, Mona (2019) Pengaruh pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Blended Learning terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Blended Learning diterapkan dengan harapan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterlaksanaan, keterampilan berpikir kreatif siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning pada materi ekosistem, dan pengaruh pembelajaran TPACK dengan Blended Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dengan siswa menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning memiliki kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas ekspeimen lebih tinggi dengan N-Gain 0,66 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,63 (sedang). Hasil uji t kelas eksperimen menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem, namun hanya memiliki pengaruh yang kecil saja berdasarkan kategori nilai effect size.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; TPACK; Blended Learning; keterampilan berpikir kreatif; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mona Agustina |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 02:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 02:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29615 |
Actions (login required)
View Item |