nurfitri, nisa nafiisa (2019) Penerapan Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan menggunakan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam bidang pendidikan, serta didasarkan atas tuntutan pembelajaran abad 21 yang harus dikembangterapkan saat ini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling random dengan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yakni XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran berbasis TPACK menggunakan model blended learning memperoleh rata-rata sebesar 96% pada akivitas guru dan aktivitas siswa dengan kategori sangat baik. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen megalami peningkatan dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,5 berkategori sedang dan N-Gain sebesar 0,3 dengan kategori rendah pada kelas kontrol, berdasarkan hasil uji t independen sampel tes memperoleh nilai Sig.tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,20 artinya siswa menunjukan respon positif terhadap sikap kemandirian belajar saat proses pembelajaran, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,57 artinya siswa menunjukan respon negatif pada sikap kemandirian belajar siswa saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis TPACK menggunakan model blended learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACK; technological pedagogical content knowledge; model pembelajaran blended learning; penguasaan konsep;kemandirian belajar siswa; sistem reproduksi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nisa nafiisa nurfitri |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 04:52 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 04:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29942 |
Actions (login required)
View Item |