Perubahan kebijakan dalam pelaksanaan bagi hasil pembiayaan Musyarakah ditinjau dari Fatwa DSN-MUI NO 08 tahun 2000 pada PT BPRS Al masoem Rancaekek Bandung

Mulyono, Devi (2018) Perubahan kebijakan dalam pelaksanaan bagi hasil pembiayaan Musyarakah ditinjau dari Fatwa DSN-MUI NO 08 tahun 2000 pada PT BPRS Al masoem Rancaekek Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari Mukhwan Hariri, Riyadho cipta dan Teti Kulsum tentang pelaksanaan pembiayaan Musyarakah dijelaskan bahwa pelaksanaanya belum sepenuhnya sesuai fatwa DSN No:8/DSN-MUI/IV/2000 karena menentukan nisbah bagi hasil di awal akad dengan metode analisis proyeksi. Sedangkan dalan perubahan kebijakannya di tahun 2007, tahapan penentuan nisbah bagi hasilnya memakai dua metode diantaranya analisis proyeksi bagi hasil dan analisis realisasi bagi hasil. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perubahan kebijakan pelaksanaan pembiayaan musyarakah di BPRS Al-Masoem Rancaekek Bandung (2) untuk mengetahui tinjauan dari Fatwa DSN-MUI tentang penetapan bagi hasil pembiayaan Musyarakah di BPRS Al-Masoem Rancaekek Bandung. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan akad musyarakah berdasarkan Fatwa DSN-MUI N0:08/DSN-MUI/IV/2000. Al-musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suartu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko ditanggung bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan sudut pandang sifat penelitian hukum menggunakan metode deskriptif. Dari sudut penerapannya penelitian ini berfokuskan kepada masalah hukum yang diteliti, dimana dalam tujuan hukum sendiri terdapat penelitian hukum normatif dan hukum empiris, data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang diambil dari hasil wawancara dengan orang orang yang terlibat langsung dalam penelitian ini dan data sekunder diperoleh dari dua penunjang yang berkaitan dengan penelitian, buku, skripsi dan internet. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan, bahwa (1) perubahan kebijakan pelaksanaan pembiayaan musyarakah di BPRS Al-Masoem pada tahun 2017 telah terjadi perkembangan yang sebelumnya penetapan perhitungan bagi hasil ditentukan di awal akad dengan jumlah nominal dan bersifat flat kemudian terjadi perubahan dengan menggunakan dua metode penghitungan, yaitu metode analisis proyeksi bagi hasil dan realisasi bagi hasil (2) berdasarkan tinjauan Fatwa DSN-MUI No:08/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan Musyarakah, pelaksanaan pembiayaan musyarakah di BPRS Al-Masoem sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: ga ada bab IV
Uncontrolled Keywords: Akad; Muamalah; Kebijakan; Perubahan; Pelaksanaan; DSN-MUI;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
International Economics
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: devi mulyono
Date Deposited: 04 Mar 2020 06:09
Last Modified: 05 Mar 2020 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item