Pengaruh return on investment (ROI) dan earning per share (EPS) terhadap harga saham: Studi pada PT pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk periode 2007-2016

Zulfi, Yulia (2017) Pengaruh return on investment (ROI) dan earning per share (EPS) terhadap harga saham: Studi pada PT pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk periode 2007-2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Harga saham suatu perusahaan mencerminkan nilai perusahaan, dimana apabila harga saham tinggi menunjukkan keberhasilan perusahaan yang baik dan semakin tinggi harga saham perusahaan maka akan semakin menarik minat para investor untuk melakukan investasi, keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan. Dengan perubahan posisi keuangan hal ini akan mempengaruhi harga saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham. Penelitian ini diambil karena masih terdapat perbedaan antara peneliti satu dengan yang lainnya serta perbedaan kondisi riil data penelitian dengan teori yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang dianalisis berdasarkan data runtutan waktu (time series), dengan analisis data untuk menguji hipotesis yaitu mengguanakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan menggunakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian perpustakaan dan riset internet. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh yaitu dari tahun 2007 sampai tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini yaitu PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis yang terdiri dari pengujian secara parsial (uji-t) dan pengujian secara simultan (uji-f), analisis korelasi dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap harga saham Berdasarkan hasil uji-f diperoleh Fhitung > Ftabel ( 11,200 ≥ 5,32 ) dengan nilai signifikansi (0,007 < 0,05) maka Ha diterima. Pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 76,2%. Dengan nilai R2 atau R square sebesar sebesar 0.762 atau 76,2% , hal ini berarti bahwa pengaruh variabel Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) memiliki kekuatan sebesar 76,2% dalam mempengaruhi harga saham, sedangkan 23,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: return on investment (roi); earning per share (eps); harga saham
Subjects: General Management
General Management > Management for Enterprises
General Management > Manajement for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:14
Last Modified: 04 Mar 2020 08:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30058

Actions (login required)

View Item View Item