Susanti, Susanti (2017) Penerapan model pembelajaran interaktif setting kooperatif (ISK) dan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP: Penelitian eksperimen pada salah satu MTs swasta di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan pembelajarannya untuk mengetahui: (a) Gambaran proses mengunakan model pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (ISK) (b) Gambaran proses menggunakan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) (c) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran ISK, STAD dan Konvensional (d) Perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ISK, STAD, dan Konvensional. (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model ISK dan STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu teknik jenuh (sensus) dengan kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII-A,VII-B dan VII-C. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, diperoleh: (a) Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ISK mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (b) Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (c) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran ISK, STAD dan Konvensional. (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ISK, STAD, dan Konvensional. (e) sikap siswa terhadap model pembelajaran ISK dan STAD secara keseluruhan adalah positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar daripada skor sikap netral siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman matematis; interaktif setting kooperatif; student teams achievement division |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 02:46 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30075 |
Actions (login required)
View Item |