Pengaruh Return On Equity (ROE) dan risiko pembiayaan terhadap rasio kecukupan modal pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2014-2018

Putri, Anike (2020) Pengaruh Return On Equity (ROE) dan risiko pembiayaan terhadap rasio kecukupan modal pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2014-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Rasio Kecukupan Modal (CAR) PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) tidak tumbuh selama periode 2014-2018. Penurunan CAR cukup signifikan di tahun 2015. CAR pada akhir tahun 2014 tercatat sebesar 13,91% sedangkan akhir tahun 2015 CAR menjadi 12%. CAR sulit tumbuh kembali, menutup tahun 2018 CAR BMI hanya sebesar 12,34%, padahal CAR mencerminkan kekuatan modal yang dimiliki suatu bank. Modal yang kuat sangat penting untuk keberlangsungan bisnis bank dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Return On Equity (ROE) dan Risiko Pembiayaan (NPF) terhadap Rasio Kecukupan Modal (CAR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode 2014-2018, baik pengaruhnya secara parsial maupun simultan. Menurut beberapa pendapat dan hasil penelitian menyatakan bahwa CAR dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah aspek profitabilitas, likuiditas dan pembiayaan bermasalah. ROE (X1) dan Risiko Pembiayaan (NPF) (X2) termasuk faktor yang mempengaruhi CAR (Y). Ketika X1 mengalami kenaikan maka Y juga akan mengalami kenaikan, dan begitu pula sebaliknya. Sedangkan jika X2 meningkat maka Y akan mengalami penurunan, dan begitu pula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analitis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan yang dipublikasikan BMI selama periode 2014-2018. Teknik analisis data adalah Analisis Deskriptif, Regresi Linear, Korelasi PPM, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F) dengan bantuan pengolahan data menggunakan software SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan ROE secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap CAR sebesar 62,5%. Risiko Pembiayaan (NPF) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap CAR sebesar 23%. Secara simultan ROE dan Risiko Pembiayaan (NPF) berpengaruh terhadap CAR sebesar 65,4%. Penelitian ini mendukung penelitian Shitawati yang menyatakan bahwa ROE berpengaruh positif signifikan terhadap CAR dan penelitian yang dilakukan oleh Oktaviana dan Syaichu yang menyatakan bahwa NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap CAR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity (ROE); Risiko Pembiayaan; Rasio Kecukupan Modal;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Anike Putri
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:20
Last Modified: 14 Jul 2020 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30273

Actions (login required)

View Item View Item