Hidayat, Ara (2018) Manajemen Peningkatan Mutu Guru Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-Mat), 4 (1). pp. 25-33. ISSN 2621-4202
Other
645 Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari suatu asumsi atau pandangan yang melihat adanya perbedaan kompetensi individu, kreativitas individu, pimpinan, dan faktor lingkungan dengan kinerja atau produktivitas lembaga pendidikan. Pemikiran ini rasional dan logis karena kompetensi individu dalam suatu produktivitas dipengaruhioleh kreativitas pimpinan, dan faktor lingkungan dimana mereka beraktivitas. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang profil guru matematika dan kebijakan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas diri pendidik dan secara khusus penelitian ini difocuskan pada kompetensi individu, kreativitas pimpinan dan faktor lingkungan sebagai moderator atau motivator terhadap : Prestasi Akademik, Sustainabilitas dan kinerja.Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu guru matematika perlu ditingkatkan, kebijakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu guru mateamtika termasuk pada kategori cukup, prestasi akademik, kinerja dan lingkungan perlu dioptimalkan dalam meningkatkan mutu guru matematika. This research is based on a principle or view that sees individual personalitydifferences, individual creativity, leadership, and environmental factors with the performance or productivity of educational institutions. This thinking is rational and logical because of the individual's competence in a productivity by the leaders, and the environmental factors in which they move. The general purpose of this research is to get an overview of the profile of math teacher and principal's strategy in improving the quality of self and professionalism as a moderator or motivator on: Academic Achievement, Sustainability and Performance. Research conducted qualitative research, completion of data is done by observation and dispersion of questionnaire. The result of the research showed improvement of mathematics teacher quality. Increased learningachievement of mateamtika teachers included in the category enough, academic achievement, performance and environment.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, matematika |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Jajang Burhanudin |
Date Deposited: | 25 Mar 2020 06:45 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30343 |
Actions (login required)
View Item |