Desain pembelajaran di perguruan tinggi

Zaini, Hisyam and Munthe, Bermawy and Aryani, Sekar Ayu and Rosyad, Rifki (2002) Desain pembelajaran di perguruan tinggi. Center for Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. ISBN 979-970-1-3

[img]
Preview
Text
Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku ini ditulis berdasarkan pada pengalaman kami memberikan workshop desain instruksional di kalangan IAIN dan STAIN. Semua materi dalam buku ini dirangkum dari bahan workshop pendidikan tinggi yang dilaksanakan oleh Center for University Teaching & Learning (CUTL) McGill University Kanada. Buku ini ditulis oleh sebuah tim yang terdiri dari enam orang, 3 orang dari UIN Sunan Kalijaga, 1 orang dari Banjarmasin dan 1 orang lagi dari Bandung. Materi yang dirangkum dalam buku ini terbagi dalam empat bagian: desain materi perkuliahan, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Semua materi disampaikan secara berurutan mulai dari pendekatan teoritis, dilanjutkan dengan beberapa aktivitas serta contoh-contoh kegiatan. Workshopya sendiri menggunakan pendekatan andragogi. Hal ini dilakukan agar pola pemblejaran di kelas dapat berlangsungsecara partisipatif, variatif dan interaktif seusia dengan pengalaman masing-masing peserta. Berbagai pengalaman yang digali dari para peserta akan dijadikan sumber inspirasi ketika para peserta diajak untuk berdiskusi berdasarkan pada pengalaman.

Item Type: Book
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rifki Rosyad
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:02
Last Modified: 10 Jan 2024 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31366

Actions (login required)

View Item View Item