Muhammad Riza Juliyana, Muhammad (2015) Pengaruh Pendidikan Politik Informal terhadap Peningkatan Partisipasi Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_coveri.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam demokrasi sekarang rakyat sebagai pemegang mandat tertinggi kedaulatan rakyat perlu mengerti dan memahami segala aspek tentang penyelenggaraan Pemilu. Salah satu kelompok yang memiliki peran strategis adalah Pemilih Pemula. Pendidikan politik informal merupakan unsur yang penting yang dapat mempengaruhi tingkat partisipasi politik dalam pemilihan umum. Sebab pendidikan politik informal memunculkan banyak perubahan dan harapan harapan baru untuk menarik minat masyarakat dalam proses politik. Terlebih pendidikan politik informal mengajarkan mengenai pembentukan hati nurani politik, skeptisme politik dan kearifan wawasan politik, perbaikan dan peningkatan jaringan politik dan kemasyarakatan, konflik-konflik aktual terhadap peningkatan partisipasi politik dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendidikan politik informal yang didalamnya terdapat lima dimensi yang berperan penting dalam upaya peningkatan partisipasi politik yaitu pendidikan politik, pembentukan hati nurani politik, skeptisme politik dan kearifan wawasan politik, perbaikan peningkatan jaringan politik kemasyarakatan, dan konflik-konflik aktual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisi. Jenis data yang ditangkap dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder, kemudian Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, kuesioner (angket), dan studi kepustakaan. Angket yang disebarkan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas pendidikan politik informal sangat baik (88,33%) dan realitas partisipasi politik (88,9%).Dan terdapat pengaruh pendidikan politik terhadap partisipasi politik sebesar 81,2% sehingga terjadi pengaruh yang sangat tinggi secara positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan politik informal memiliki peran yang penting dalam meningkatkan partisipasi politik sedangkan sisanya 18,8% ditentukan oleh faktor yang tidak diteliti. Dari kesimpulan dan analisis di atas, terdapat pengaruh yang positif dari pendidikan politik informal terhadap peningkatan partisipasi politik dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Garut. pendidikan politik informal tersebut sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan partisipasi politik dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Garut. Pada bagian akhir penulis menyajikan beberapa rekomendasi dengan tujuan agar terjadi perbaikan dalam sistem pendidikan politik informal agar dapat meningkatkan partisipasi politik dalam pemilihan kepala daerah selanjutnya. Dan penulis berharap agar skripsi ini bisa bermanfaat bagi semua pihak. Kata kunci : Pendidikan politik dan partisipasi politik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan politik, partisipasi politik |
Subjects: | Political Process > Practical Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | miss Sheny Qorina Subroto |
Date Deposited: | 03 Apr 2017 02:56 |
Last Modified: | 03 Apr 2017 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3144 |
Actions (login required)
View Item |