Hoerinisa, Sifa (2018) Bimbingan karir untuk meningkat motivasi studi lanjut bagi siswa Mts Tegalwaru Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar perpus.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena rendahnya motivasi siswa dalam melanjutkan studi diantaranya: banyak yang terputus, kurang motivasi daalm belajar, kurangnya semangat dan kurang pedulinya pihak orangtua. Jadi, upaya untuk meningkatkan motivasi ini dengan bimbingan karir. Salah satu bimbingan karir untuk meningaktkan motivasi ini di MTs Nurul Fata. Bimbingan karir adalah suatu proses usaha membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya seperti: bakat, minat, kelebihan dan kekurangannya. Dan mampu merencanakan masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkannya, mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya itu. Sehingga mampu mewujudkan dirinya secara bermakna sesuai dengan cita-cita para siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui program bimbingan karir, langkah-langkah bimbingan karir, faktor pendukung dan faktor penghambat bimbingan karir dan hasil bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi pendidikan lanjut bagi siswa di Mts Nurul Fata. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa untuk meningkatkan motivasi bisa melalui bimbingan karir membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya seperti: bakat, minat kelebihan dan kekurangannya serta mampu mengambil keputusan yang tepat untuk kemantapan cita-citanya. Agar siswa memiliki motivasi yang kuat, hendaknya ada seseorang yang handal sebagai motivator yang terus mengikuti perkembangan siswa, yaitu seorang konselor. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan keadaan serta menguraikan permasalahan yang menjadi objek penelitian, dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Karena masalah yang tersebut perlu diteliti secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi pendidikan lanjut dilaksanakan melalui beberapa tahapan awal/pembentukan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Adapun angket yang disebar menunjukan hasil yang baik dari beberapa pernyataan aspek motivasi diantaranya: Aspek adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan, adanya harapan dan cita-cita masa depan dan adanya keinginan dalam belajar, memiliki kategori skala nilai prekuensi rata-rata sangat baik. Begitupun aspek lingkungan yang kondusif menunjukan kategori skala nilai prekuensi rata-rata baik. Dapat disimpulkan bahwa motivasi pendidikan lanjut bagi siswa di MTs Nurul Fata dinyatakan kategori skala nilai sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir; Motivasi; Siswa; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | sifa hoerinisa |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 06:12 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31786 |
Actions (login required)
View Item |