Dewi, Fitri Rahmawati (2020) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal aljabar dan self regulated thinking siswa melalui pembelajaran round table berbasis algebrator solved. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
Abstract
Karakteristik proses pembelajaran matematika pada umumnya di Indonesia masih prosedural, kualitas pembelajaran di awali dari guru menjelaskan materi berdampak terhadap kualitas rendahnya kemampuan aljabar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dan Self Regulated Thinking melalui pembelajaran Round Table berbasis Algebrator Solved, metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest dan postest kontrol grup desain, instrumen test kemampuan berpikir aljabar dan non test self regulated thinking. Penelitian ini dilakukan di SMP TRIYASA Kabupaten Bandung. Hasil penelitiannya sebagai berikut: (a) terdapat peningkatan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang Round Table, pembelajaran Round Table berbasis Algebrator Solved dan Konvensional (b) terdapat peningkatan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang pembelajaran Round Table dan Round Table berbasis Algebrator Solved, (c) terdapat peningkatan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang pembelajaran Round Table dan Konvensional (d) terdapat peningkatan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang pembelajaran Round Table berbasis Algebrator Solved dan Konvensional (e) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang Round Table dan Round Table berbasis Algebrator Solved (f) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir aljabar siswa antara siswa yang pembelajaran Round Table dan Round Table berbasis Algebrator Solved yang signifikan, (g) terdapat peningkatan Self Regulated Thinking siswa yang menggunakan model pembelajaran Round Table, (h) kesulitan siswa dalam diminimalisir melalui algebrator solved menggeneralisasikan dan dynamical thinking. Pembelajaran Algebrator Solved dapat memfasilitasi proses konstruksi, multimedia, proses interaksi dan proses refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dan self regulated thinking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir aljabar; self regulated thinking siswa; model pembelajaran round table; algebrator solved |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fitri Rahmawati Dewi |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 01:11 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 01:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31983 |
Actions (login required)
View Item |