Nurjanah, Wini (2017) Penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan SQ4R (Survey Question Read Recite Review Reflect) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (982kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model CIRC, SQ4R dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, didapat kelas VIII-A, VIII-B dan VIII-F. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model CIRC dan SQ4R; (b) peningkatan serta perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (c) perbedaan pencapain kemampuan komunikasi matematis siswa (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model CIRC dan SQ4R. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal komunikasi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi sangat baik; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran SQ4R, CIRC dan pembelajaran konvensional; (c) Hasil analisis data posttest menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran CIRC, SQ4R dan pembelajaran konvensional; (d) Berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dan SQ4R diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC; SQ4R; komunikasi matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Linguistics > Mathematical Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32003 |
Actions (login required)
View Item |