Lestari, Nenden Ayu (2017) Pengembangan modul berbasis inkuiri pada materi pokok ekosistem terhadap hasil belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Al Amanah Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Penggunaan modul sudah biasa dilakukan pada proses pembelajaran, tetapi hanya berisi penjabaran materi serta paket soal evaluasi, sehingga perlu adanya pengembangan modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil belajar sebelum dan sesudah dan respon siswa terhadap modul berbasis inkuiri pada materi pokok ekosistem. Metode yang digunakan pendekatan pengembangan 4D yang dibatasi sampai 3D yaitu: define, design dan develop. Penelitian dilakukan dengan validasi dari ahli materi, media, dan guru. Kemudian diujicobakan pada skala kecil dan uji coba skala besar. Data yang diambil dari uji coba skala besar yaitu hasil belajar dan respon siswa. Hasil penilaian menunjukan kelayakan modul oleh pakar media mencapai 97,72%, pakar materi 89,2%, dan penilaian modul secara keseluruhan oleh 2 guru 93,56% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh 10 orang siswa dalam uji coba skala kecil 78,25% dengan kategori layak. Hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Serta angket respon siswa uji coba skala besar rata-rata 83,01% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan modul berbasis inkuiri pada materi ekosistem yang dikembangkan dalam kategori sangat layak dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul; inkuiri; hasil belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 07:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 07:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32060 |
Actions (login required)
View Item |