Khairiyyah, Ayuni (2017) Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP: Penilitian deskriptif-kualitatif di SMPN 17 dan SMPN 46 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa aljabar sebagai materi yang harus dikuasai siswa dan merupakan topik penting di berbagai negara maju. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir aljabar pada aspek generasional, transformasional, dan level-meta global kelas VIII SMPN 17 dan SMPN 46 Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir aljabar, wawancara dan angket pada siswa kelas penelitian. Berdasarkan hasil tes, siswa dikelompokkan menjadi kelompok tingkat tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih empat siswa dari tiap sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) siswa kelompok tingkat tinggi mempunyai kemampuan pada aspek generasional, transformasional dan level-meta global dengan kategori cukup sampai baik (2) siswa kelompok tingkat sedang mempunyai kemampuan pada aspek generasional dan transformasional dengan kategori cukup sampai baik dan aspek level-meta global dengan kategori cukup (3) siswa kelompok tingkat rendah mempunyai kemampuan pada aspek generasional dengan kategori kurang hingga cukup serta pada aspek transformasional dan level-meta global dengan kategori kurang. Faktor-faktor mempengaruhi kemampuan berpikir aljabar: (1) siswa kebingungan merepresentasikan soal yang berbentuk cerita (2) siswa tidak mengerti cara merubah bentuk kalimat matematika ke dalam simbol matematika (3) siswa belum bisa memfaktorisasikan bentuk aljabar (4) siswa sering terkecoh ketika mengoperasikan bentuk aljabar (5) siswa tidak pernah menganalisis perubahan, hubungan dan memprediksi masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir aljabar; generasional; transformasional; level-meta global |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 07:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 07:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32126 |
Actions (login required)
View Item |