Cahya, Riyan Dwi (2019) Manajemen pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk pemerataan mutu pendidikan: Penelitian di SMAN 2 Padalarang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (990kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memegang peran kunci dalam pengembangan sumber daya manusia dan insan yang berkualitas. Semakin baik kualitas pendidikan yang diselengarakan lembaga pemerintahan di suatu Negara maka akan semakin baik juga tingkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di suatu Negara. Dengan demikian proses peningkatan mutu pendidikan merupakan langkah pertama untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Mutu pendidikan berkaitan dengan kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi, buku ajar, mutu guru, sarana dan prasarana. Termasuk pemerataan pendidikan adalah masih banyak anak umur sekolah yang tidak dapat menikmati pendidikan formal di sekolah dikernakan terkendala waktu, jarak, ekonomi, sosial dan budaya. Data tahun 2013 Jumlah anak usia 16 - 21 tahun yang tidak melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah (SM) di Jawa Barat relatif cukup tinggi yaitu pada tahun 2013 sebesar 32% dari 720.000 (230.000 anak). APK (Angka Partisipasi Kasar) yang baru mencapai 62,11% atau secara nasional APK SM Jawa Barat berada di posisi kedua dari bawah setelah Provinsi Papua. Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pemerataan Mutu Pendidikan. Penelitian ini mendeskripsikan pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan dan membangun kemandirian siswa dalam belajar di SMA, bentuk pengelolaan pendidikan jarak jauh dalam menjawab kebutuhan masyarakat di era revolusi 4.0 di tinjau dari aspek manajamen pengeloaan pendidikan jarak jauh mulai perencanaan, pengadmistrasian, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif yang lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Program Pendidikan Jarak jauh berbasis Teknologi informasi dan komunikasi di SMAN 2 Padalarang memanfaatkan LMS, EDOBOX dan VICOM dalam adiministrasi, pembelajaran dan evaluasi pendidikan. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan memberikan kontribusi untuk percepatan pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan hal ini di buktikan dengan peningkatan APK di kabupaten bandung barat dari tahun 2014 sebanyak 51,85 % menjadi 69,88 % pada tahun 2017 atau meningkat 18,03 %
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan; mutu; pemerataan; pendidikan; jarak jauh |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Riyan Dwi Cahya |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 07:30 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 07:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32212 |
Actions (login required)
View Item |