Anggraeni, Winda Prastika (2020) Pengaruh self efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi (PBSB). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
Abstract
Stres akademik merupakan sebuah kondisi dimana individu merasa tertekan atau terbebani oleh beban tuntutan (stressor) yang berasal dari permasalahan akademik. Dampak dari stres akademik yang terlalu tinggi dapat menimbulkan perasaan dan perilaku seperti kekhawatiran tentang hasil studi, kegelisahan tentang target yang takut tak tercapai, berpikir bahkan dengan melakukan perilaku negatif. Kondisi stres timbul karena individu mempersepsikan bahwa tekanan yang dihadapi tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga mereka menganggap itu sebuah beban dan merasa tidak mampu menghadapinya. Salah satu hal yang dapat mengurangi tingkat stres akademik pada mahasiswa adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 84 orang mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi kausalitas dengan teknik analisis regresi linear sederhana dimana self efficacy sebagai variabel independen dan stres akademik sebagai variabel dependen. Instrumen yang digunakan adalah General Self Efficacy (GSE) dan Skala Stres Akademik (SSA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari self efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi (PBSB).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy;Stres Akademik;Mahasiswa PBSB. |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Winda Prastika Anggraeni |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:44 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32250 |
Actions (login required)
View Item |