hardianti, dian (2020) Penerapan metode Nadzom dalam pembelajaran ilmu tajwid dan pengaruhnya terhadap kemampuan santri dalam membaca Al-Quran : Penelitian quasi eksperimen pada santri kelas Ibtida I A Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (897kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
||
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan saat penulis melakukan observasi terlebih dahulu bahwa terdapat kurang dari 50% santri Ibtida I A yang setara dengan tingkat SMP kelas 1 kurang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Salah satu sebab terjadinya hal tersebut adalah minimnya pengetahuan santri mengenai ilmu tajwid khususnya pada bahasan nun mati dan tanwin, mad dan bagiannya serta. Sehingga membuat santri sulit untuk melafalkan bacaan Al-Quran yang baik dan benar dan salah satu penyebab dari kurangnya pengetahuan santri terhadap ilmu tajwid karena penggunaan metode yang kurang sesuai sehingga membuat santri jenuh dan bosan dan mengakibatkan sulit untuk memahami suatu materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana penerapan metode nadzom dalam pembelajaran ilmu tajwid 2) Mengetahui bagaimana kemampuan santri tingkat ibtida dalam membaca Al-Quran 3) Mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode nadzom dalam pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan santri tingkat ibtida dalam membaca Al-Quran penelitian ini dilakukan didasarkan pada asumsi bahwa belajar dengan menggunakan syair/nadzom akan lebih meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Quran, karena dengan melantunkan lafal nadzom tersebut materi pembelajaran akan mudah diingat dan mudah dipahami yang kemudian dapat diaplikasikan ketika membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pretest posttest design. Dengan menggunakan objek penelitian kelas ibtida I A. Adapun teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan menggunakan tes tulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Penerapan metode nadzom pada pembelajaran tajwid santri ibtida I A terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan dari hasil observasi yaitu sebesar 87% 2) Kemampuan membaca Al-Quran santri ibtida I A mendapatkan nilai mean atau rata-rata yaitu 84,8 (posttest) maka nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. 3) Peningkatan kemampuan membaca AlQuran santri kelas ibtida I A setelah diterapkan metode nadzom yaitu sebesar 0,6 yaitu menunjukkan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Nadzom;ilmu tajwid; kemampuan santri; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dian Hardianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 05:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 05:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32333 |
Actions (login required)
View Item |